Asal-usul Kampung Tenggilis


Pada zaman dahulu, kampung Tenggilis merupakan daerah hutan yang sangat luas dan lebat. Daerah hutan ini ditumbuhi pohon-pohon yang sangat besar, rimbun, hingga hanya sedikit cahaya matahari yang dapat menembus rimbunnya hutan itu. Keadaan alam yang seperti itu membuat banyak orang menyebut hutan itu hutan yang ‘runggut’ (cikal bakal nama rungkut) atau dalam bahasa Indonesia berarti rimbun. Seiring berkembangnya zaman, hutan yang luas ini mulai digunakan penduduk sebagai tempat bermukim. Sekelompok penduduk yang bermukim di hutan runggut akhirnya membentuk wilayah-wilayah kecil di dalam Hutan Runggut. Di timur, barat, selatan, dan utara masing-masing dibangun pemukiman. Beberapa wilayah mempunyai ciri dan karakteristik maupun kebiasaan yang berbeda-beda. Sehingga tiap wilayah memiliki sebutan yang berasal dari kebiasaan atau temuan-temuan orang pada kala itu.

            Pada salah satu wilayah ditemukan banyak warganya membakar kemenyan di dalam sebuah tungku api khusus yang bentuknya menyerupai anglo namun lebih kecil. Benda itu disebut perapen, jadilah satu wilayah tersebut disebut perapen (sekarang Prapen). Kemudian ada wilayah yang dilintasi sungai bernama Medang atau Kendang, disebut seperti itu karena banyak ditemukan bunga layu terbawa arus sungai (sekarang Kendangsari).

            Meski Hutan Runggut  mulai banyak ditinggali manusia, pedalaman hutan masih belum pernah terjamah oleh manusia. Wilayah tengah hutan yang sangat lebat dan berbahaya membuat tidak ada satu pun warga yang berani untuk melintasinya. Warga tidak ingin mengambil risiko, sebab konon di tengah Hutan Runggut terdapat banyak ular dengan ukuran yang sangat besar hidup dan berkembang biak di sana. Bahkan daerah tengah hutan itu diberi sebutan alas setro gondho mayit, artinya siapapun yang ke sana pasti meninggal. Oleh sebab hal inilah orang-orang kala itu rela berjalan memutari tepian Hutan Runggut dan menempuh perjalanan lebih jauh untuk menuju pemukiman yang lain.

            Hidup di hutan dengan ancaman bahaya kapan saja membuat orang-orang yang tinggal di Hutan Runggut membekali dirinya dengan ilmu kanuragan untuk bertahan diri. Tidak hanya bertahan diri dari binatang buas dan alam, namun juga bertahan diri dari serangan makhluk-makhluk dari dimensi lain. Berkembangnya ilmu kanuragan pada waktu itu membuat salah seorang dari warga menjadi kuat dan sangat disegani.

            Orang tersebut—yang namanya tidak diketahui, pada akhirnya melakukan ekspedisi ke tengah hutan untuk membuat pemukiman baru. Orang kuat tersebut begitu terkejut saat melihat keadaan alam di tengah Hutan Runggut. Tanpa babat alas, di sana sudah terbentuk jalan yang berkelok-kelok, bersih, mulus tanpa ada satu batang pohon pun menghalangi mata memandang. Saat dia menelusuri ujung jalan yang ada dengan sendirinya itu, dia bertemu dengan sekawanan ular raksasa yang hidup di tengah hutan. Sehingga dia berkesimpulan bahwa jalan di tengah hutan ini tercipta karena sering dilintasi oleh ular-ular raksasa. Tidak hanya jalan, bahkan ia menemukan perlintasan ular raksasa yang lain dan membentuk aliran sungai. Inilah yang menyebabkan jalan dan sungai di kampung tenggilis berkelok-kelok seperti jalannya ular hingga saat ini.

            Kemudian dengan kesaktiannya, orang itu berbicara dengan ular dan meminta izin untuk membangun pemukiman di tengah hutan. Dia berjanji akan hidup berdampingan dengan damai dan tidak mengusik kehidupan  ular-ular tersebut. Ular akhirnya mengizinkan namun meminta satu syarat. Orang tersebut harus menyediakan tumbal berupa kepala manusia yang harus dipendam di tanah. Negosiasi antar keduanya terjadi. Orang sakti bersedia mempersembahkan tumbal asal ular mau melindungi wilayah pemukiman yang akan dibangunnya dari hal-hal buruk. Ular menerima tawaran itu, namun tumbal tersebut harus dipersembahkan setiap periode waktu tertentu.

Ilustrasi negosiasi dengan ular raksasa (sumber: http://www.ceritaanakdunia.com/)

            Akhirnya wilayah tengah Hutan Runggut terdapat pemukiman warga dan dikenal dengan tanah’e wong ikhlas atau dalam bahasa Indonesia berarti tanahnya orang ikhlas. Sebutan pada tempat ini disebabkan karena orang-orang yang tinggal di sana dikenal sebagai orang yang ikhlas dan berserah diri. Tiap kali tiba waktunya harus mempersembahkan tumbal berupa kepala manusia, siapapun yang ditunjuk oleh orang sakti pasti dengan ikhlas menyerahkan nyawanya demi keamanan desa tempat mereka tinggal. Tidak hanya sang tumbal yang ikhlas, bahkan keluarganya pun akan ikhlas menyerahkan kepala orang yang mereka sayangi demi kampung halaman.

            Seiring berjalannya zaman, Tengah Hutan runggut sudah bukan menjadi daerah yang ditakuti dan dihindari lagi. Orang-orang tidak lagi jalan memutari hutan untuk berkunjung ke pemukiman lain. Orang-orang dapat melintasi pemukiman di tengah hutan dengan aman dan dapat memangkas jarak sehingga tidak jauh seperti sebelumnya.

            Peristiwa tumbal kepala manusia dan jalan pintas menuju pemukiman lain, membuat warga Hutan Runggut menyebut pemukiman ini dengan nama Tenggilis. Berasal dari kalimat ‘ditenggel ben gelis’, dalam bahasa Indonesia berarti dipenggal agar cepat. Nama ini merujuk pada dua hal. Pertama peristiwa tumbal, dipenggal kepalanya agar kampung cepat menjadi wilayah yang tentram dan aman. Kedua, dipenggal jarak jalannya agar cepat mencapai tujuan.

Identitas Narasumber

Nama                           : Marzuki (Alm)

Tahun Kelahiran          : 1935
Alamat                        : Tenggilis Mulya 









---------------------------------------------

Berikut ini adalah transkrip teks asli ketika narasumber bercerita menggunakan bahasa Jawa Suroboyoan

Asal-usul Kampung Tenggilis 

            Zaman biyen, kampung Tenggilis iki munu rupa alas sing jembar, rungsep. Alas iki wit-witane yo gedhe-gedhe, dhuwur-dhuwur, mulane srengenge mek sithik sing iso nembus godhong-godhonge wit-witan. Alas sing koyok ngene iki malene akeh uwong nyebut alas iku alase runggut. Lah iku mangkane lapo kok onok jeneng Rungkut, iku mulane teko alas sing runggut. Cara wong saiki runggut iku alas sing rimbun ngunu iku. Terus suwe-suwe mulai onok uwong bangun kampung nak kunu. Gak mek siji, tapi mlenco-mlenco ngunu kampunge. Nak sisi kene onok kampung, nak sisi wetan onok, nak kulon onok. Lah jenenge yo rupa-rupa tergantung wong-wong nemune opo nak kunu.

            Koyok Prapen iku, biyen iku nak kunu akeh perapen keleleran. Perapen iku barang koyok anglo ngunu, tapi luwe cilik teko anglo. Digawe bakar menyan. Makane daerah kunu dijenengi Prapen sampek saiki. Terus Kendangsari iku biyen medang arane. Mulane biyen iku akeh kembang sing layon kintir nak kaline.

            Masio wes akeh kampung, tengahe alas iki isih gurung kejempok uwong blas. Gak onok seng wani menjero nak tengah alas, soale jarene nak tengah alas iku onok ulo guwedhe. Mangkane akeh seng nyebut alas iku alas setro gondo mayit. Artine sopo seng mrunu pasti gak isok balik, mati. Dadi lak kape nak kampung liyane ngunu ya, mestine kan isok langsung nerabas alas cekne gelis. Tapi iki gak, gak wani. Mesti mlaku muter ngubengi pinggire alas.

            Urip nak alas sing koyok ngunu marai wong biyen nekuni ilmu kanuragan gawe ngelindungi dhewe’e mboh iku teko kewan, mboh iku teko barang alus. Nah saking tekune oleh sinau ilmu kanuragan iki, onok salah siji uwong dadi wong seng kuwat, sakti, yo dadi jawara iko lo. Satria pokok’e. wong iki paling diajeni.

            Wong sakti iki gak eroh aku jenenge sopo. Biyen prosoku yo gak diceritani jenenge. Pokok’e onok wong sakti, ngunu ae. Lah wong iki mau akhire nerabas nak tengah alas, dhewe’e kape bangun kampung anyar. Lah gak atek babat alas ilo, lah kok nak tengah alas wong iku nemu dalan apik. Wes rupo dalan ngunu, gak onok wit-witan blas. Maringunu saking herane, wong iki mlaku ngetutno sak entek’e dalan. Lah kok dilala, wong iku kepethuk ulo guwedhe akeh. Mangkane dalan nak tenggilis iki lak gak onok seng lurus, kabeh lengkak-lengkok koyok dalane ulo ngunu. Ancen dalane iki mau dalanan seng biasane diliwati ulo gedhe, coro ngunu raksasa, makane wes isok model dalan. Masio kali yo ngunu, lengkak-lengkok ngunu, iku ceritane jarene yo mergo dalane ulo gedhe terus dadi dalan milihne banyu. Lak ancen iyo se dalan karo kali nak kene lengkak-lengkok ngunu?

            Terus wong iku mau ngejak ngomong ulo gedhe iki. Jenenge wong sakti emboh iku carane dee sampek isok ngomong karo ulo. Wong iki pamit nak ulo lak kape bangun kampung nak tengah alas. Dee semayan yen bakal urip tentrem gak ngeriwuki urip’e ulo karo konco-koncone. Ulo akhire ngizini, tapi jaluk syarat sirahe menungso digawe tumbal dipendhem nak jeroh lemah. Akhire ulo karo wong iki mau nyang-nyangan. Wong iki gelem nuruti penjulakane ulo, nanging ulo kudu jogo wilayah kampunge teko balak.

            Wes, tengah alas iki mau akhire onok seng menggoni. Dadi kampung. Kampung iki akeh seng ngarani tanah’e wong ikhlas. Lapo kok ngunu, polane wong-wonge ancen ikhlas-ikhlas. Ben wayahe ngetoni tumbal, sopo ae wonge seng dipilih sirahne gawe didadino tumbal mesti geleme. mesti patuh, tunduk. Wong jenenge ancen wong ikhlas ya, masio seng dijaluk nyowone paribasane, yo dikekno demi tanah kampunge. Keluargane yo ikhlas gak onok seng ngaboti.

            Akhire, wes sak mun-mun taun, tengah alas iki wes dadi kampung sing aman. Wes guduk panggonan seng angker, guduk panggon seng serem. Kabeh uwong wes isok melbu-metu tengah alas. Lak kape nak kampung liyo wes gak leren muteri alas maneh.

                Dadi jeneng tenggilis isok diarani asale iku teko rong perkoro. Sing kawitan mergo biyen onok lelaku tumbal sirahe uwong. Sirahe uwong ditenggel ben gelis. Ben gelis dadi kampung seng tentrem, aman. Makane Tenggilis iki teko tembung ditenggel ben gelis. kaping pindo yo podo teko tembung ditenggel ben gelis. Tapi seng ditenggel iki dalane. Dadi dalan tembusan ngunu iku loh. Dadi seng mulane kudu mlaku muter, sajek’e onok kampung dadi isok nenggel dalan cek gelis tutuk panggon. Dadi dalane diketok cek gelis tutuk.

----

Postingan ini diikutsertakan dalam Lomba Penulisan Blog Kearifan Lokal dalam rangka HUT RI ke-77 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya

Comments

  1. Saya sendiri tinggal di kendangsari, tapi malah baru tau. Begini asal usul tempat saya di besarkan, makasih informasi nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Sering Dibaca

Pindah

Pemeran Sinta

Catatan Perjalanan dan Itinerary ke Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida Tahun 2018

Merenung Lewat Cerpen Tahi Lalat Karya M. Shoim Anwar

Antara Apsari dan Grahadi